Definisi ilmu budaya dasar

NAMA       :KHOLILUL UMAM

NPM          :14212094

KELAS      :1EA26

TUGAS     :(ILMU BUDAYA DASAR) IBD 1

 Kebudayaan didefinisikan hasil karya manusia sebagai mahluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterprestasikan lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi landasan bagi tingkah-lakunya. Dengan demikian,kebudayaan merupakan serangkaian aturan-aturan, petunjuk-petunjuk,rencana-rencana,dan strategi-strategi, yang terdiri atas serangkaian model-model kognitifyang dipunyai oleh manusia dan digunakannya secara selektif dalam menghadapi lingkungannya sebagaimana terwujud dalam tingkah-laku dan tindakan-tindakannya.

Sebagai mana pendapat para ahli :

1.Koentjaraningrat

Kebudayaan adalah seluruh sistem gagasan,tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan relajar.

2.DR. K. Kupper

Kebudayaan merupakan sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusian dalam bersikap dan berprilaku, baik secara iondividu maupun kelompok.

3.francis Merill

  • Pola-pola prilaku yang di hasilkan oleh interaksi social
  • Semua prilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota suatu masyarakat yang di temukan melalui interaksi simbolis.

4.Edward B. Taylor

Kebudayaan merupakan keseluruhan yang komplek, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.

Kesimpulan

Kebuyaan merupakan hasil karya manusia sebagai mahluk sosial, yang diwujudkan sebagai kepercayaan,kesenian, moral,adat istiadat, hukum, ideologi, yang semuanya menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berprilaku, baik secara individu maupun kelompok.

 

http://exalute.wordpress.com/2009/03/29/definisi-kebudayaan-menurut-para-ahli/

http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya#Pengertian_kebudayaan

Leave a comment